Sekarang tanggal : 20th December 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Uncategorized » SEJARAH KOSMETIK

SEJARAH KOSMETIK

16 April , 2013 , Category : Uncategorized
kosmetik

Sejarah kosmetik sangat panjang, mengikuti waktu penggunaannya. Kosmetika berasal dari kata kosmein (Yunani) yang berarti “berhias”. Kosmetika sudah dikenal orang sejak zaman dahulu kala. Di Mesir, 3500 tahun Sebelum Masehi telah digunakan berbagai bahan alami baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan maupun bahan alam lain misalnya tanah liat, lumpur, arang, batubara bahkan api, air, embun, pasir atau sinar matahari.

Penggunaan susu, akar, daun, kulit pohon, rempah, minyak bumi, minyak hewan, madu dan lainnya sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat saat itu. Hal ini dapat diketahui melalui naskah-naskah kuno yang ditulis dalam papirus atau dipahat pada dinding piramida.

Pengetahuan kosmetik tersebut kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia melalui jalur komunikasi yang terjadi dalam kegitan perdagangan, agama, buadaya, politik dan militer. Di Indonesia sendiri sejarah tentang kosmetologi telah dimulai jauh sebelum zaman penjajahan Belanda, namun sayang tidak ada catatan yang jelas mengenai hal tersebut yang dapat dijadikan pegangan.

Namun dari cerita dan legenda Ken Dedes, Dewi Ratih dan roro Jongrang, dapat diperkirakan adanya usaha dan cara untuk meningkatkan kecantikan dengan kosmetik tradisional. Sekarang kosmetika dibuat manusia tidak hanya dari bahan alami saja tetapi juga bahan buatan untuk maksud meningkatkan kecantikan (Wasitaatmaja, S.M, 1997)

Sejak berabad abad yang lalu, kosmetik telah digunakan dan dikenal masyarakat. Hasil riset serta penyelidikan antropologi, arkiologi, dan etnologi di Mesir dan India membuktikan adanya pemakaian ramuan seperti bahan pengawet mayat dan salep salep aromatik, yang dianggap sebagai bentuk awal kosmetik yang kita kenal sekarang ini. Hal ini menunjukkan perkembangan kosmetik dimasa itu.

Bukti lain misalnya 200 tahun yang lalu, Cleopatra menggunakan susu sebagai rendaman saat mandi. Dia begitu senang karena mendapat manfaat dari laktosa susu untuk kemulusan kulitnya. Sejak saat itu susu digunakan semacam kosmetik dan obat.

Alam yang kaya akan tanaman obat, rempah-rempah, dll, oleh masyarakat dahulu digunakan sebagai kosmetik tradisional yang mereka olah secara tradisional pula. Misalnya rempah-rempah, ginseng dll, biasanya digunakan sebagai campuran mandi para putri-putri raja dahulu. Hingga sekarang kosmetik tradisional tersebut juga masih diminati oleh kebanyakan masyarakat karena dipercaya lebih alami dan memberikan efek yang lebih sehat.

Hippocrates ( 460 – 370 SM ) dan kawan-kawanya mempunyai peran yang penting dalam sejarah awal pengembangan kosmetik dan kosmetologi modern melalui dasar-dasar dermatologi, diet, dan olahraga sebagai sarana yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, Beberapa ahli yang berperan aktif dalam pengembangan kosmetik, antara lain, adalah Comelius Celcus, Discorides, dan Galen, mereka adalah para ahli yang memajukan ilmu kesehatan gigi, bedah plastek, dermitologi, kimia, dan farmasi.

Pada jaman Renaissance ( 1300 – 1600 ), Banyak universitas didirikan di Inggris, Eropa Utara, Eropa Barat, dan Eropa Timur kemudian pada masa itu ilmu kedokteran semakin bertambah luas, hingga kemudian ilmu kosmeti dan kosmetikologi di pisahkan dari ilmu kedokteran ( Henri De Medovile, 1260 – 1325 ).

Kemudian dikenal ilmu kosmetik untuk merias atau decoration yang dipakai untuk pengobatan kelainan patologi kulit, Hingga pada tahun 1700 – 1900, pembagian tersebut dipertegas lagi dengan Cosmetic treatment yang berhubungan dengan ilmu kedokteran dan ilmu pengetahuan lainya. Misalnya dermatologi, farmakologi, kesehatan gigi, ophthal –mology, diet, dan sebagainya. Disinilah konsep kosmetologi mulai diletakkan, yang kemudian dikembangkan di Perancis, Jerman, Belanda, dan Italia.

Kosmetik sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “ kosmetikos “ yang berarti ketrampilan menghias, mengatur, namun pada perkembanganya istilah kosmetik telah dipakai oleh banyak kalangan dan profesi yang brbeda, sehingga pengertian kosmetik menjadi begitu luas dan tidak jelas, istilah kosmetologi telah dipakai sejak tahun 1940 di Inggris, Perancis, Jerman. Istilah ini tidak sama bagi tiap profesi yang menggunakanya.

Pada tahun 1970 oleh Jellinek, kosmetologi diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari hukum-hukum fisika, Biologi, maupun mikrobiologi tentang pembuatan, penyimpanan, dan penggunaan (aplikasi) kosmetik, Selanjutnya di tahun 1997 Mitsui menyebut kosmetologi sebagai ilmu kosmetik yang baru, yang lebih mendalam dan menyeluruh.

Dari mulai abad ke 19, kosmetik mulai mendapat perhatian, yaitu kosmetik tidak hanya untuk kencantikan saja, melainkan juga untuk kesehatan, Perkembangan ilmu kosmetik serta industri secara besar-besaran baru dimaulai pada abad ke-20 ( Wall, Jellinek, 1970 ). Kosmetik menjadi sebuah alat usaha, Bahkan sekarang dengan kemajuan teknologi , kosmetik menjadi sebuah perpaduan antara kosmetik dan obat ( Pharmaceutical ), atau yang sering desebut kosmetik medis (cosmeticals).

Sejak 40 tahun terakhir, industri kosmetik semakin meningkat , Industri kimia memberi banyak bahan dasar dan bahan aktif kosmetik, Kualitas dan kuantitas bahan biologis untuk digunakan pada kulit terus meningkat, Banyak para dokter yang terjun langsung dan meningkatkan perhatian terhadap ilmu kecantikan kulit ( cosmetodermatology ), serta membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan para ahli kosmetik dan ahli kecanikan, Misalnya dalam hal pengetesan bahan baku atau bahan jadi, dan penyusunan formula berdasarkan konsepsi dermatologi atau kesehatan.

#Berbagai Sumber

MANFAAT PAKET SUSU DOMBA

26 June , 2014 , Kategori : Uncategorized

  Manfaat Paket Susu Domba :  Memutihkan dan menghaluskan kulit, karena mengandung mutiara asli dan susu murni domba. Memberi nutrisi bagi kulit sehingga kulit menjadi sehat dan terawat. Mengikis dan mengeluarkan sel-sel kulit mati pada kulit  juga menyembuhkan kulit kaki... baca selengkapnya

CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI

24 June , 2014 , Kategori : Uncategorized

Daripada beli yuuk buat sendiri minyak kemiri di rumah.. Cara membuat minyak kemiri dirumah cukup mudah yaitu anda hanya perlu mempersiapkan bahan yang dibutuhkan seperti :buah kemiri kering secukupnya,air,panci,kain untuk menyaring serta botol tempat penyimpanan. Berikut cara membuatnya : Giling... baca selengkapnya

DISTRIBUTOR PRODUK BALI RATIH BODY SHOP NYA INDONESIA

24 June , 2014 , Kategori : Uncategorized

      Bali Ratih yang sering dikenal dengan Body Shopnya Indonesia. Pilihan produknya sangat beragam dan semuanya terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan berkualitas tinggi. Sudah diekspor hingga ke Korea Selatan, Jepang dan Negara lainnya. Bali Ratih merupakan produk... baca selengkapnya

PERBEDAAN CREAM ANISA ORIGINAL DAN PREMIUM

17 February , 2014 , Kategori : Uncategorized

Perbedaan Cream Anisa Original dan Premium Perbedaan cream anisa original dan premium yang paling mendasar yaitu dari formulanya. Keduanya sama-sama cream untuk perawatan wajah, sama-sama dari C.V. Tekno dan terdiri dari cream siang, malam serta sabun. Cream Anisa Original... baca selengkapnya

WARNA LIPSTIK

21 November , 2013 , Kategori : Uncategorized

  Lipstik dapat menambah kesan glamor dan feminin. Untuk itu setiap wanita wajib menggunakan lipstik agar penampilan tidak terlihat pucat. Seperti dilansir Allwomanstalk, inilah empat warna lipstik yang harus dimiliki setiap wanita 1. Merah Banyak wanita yang masih belum... baca selengkapnya

Paprika Easy Slimming Hot Gel Aichun Beauty Jolen Cream Bleach Red Pome Whitening Lotion 300Gr with SPF +50 Wing Bra Cream Baby Pink Sertifikat Sucofindo Original 15 gr Dodora Armpit Power Perfect Pore 4in1 Penyedot Komedo Emilay Breast Enhancement
* klik gambar produk

Komunitas TDA DEPOK

Produk Best Seller


Hotline : 085781450850 SMS Center : 085781450850 BB Messenger : 21b80114 pusatcantik@ymail.com